Kawasaki ZX-10RR Diklaim Kalahkan Kawasaki H2R

Kawasaki ZX-10RR
Kawasaki ZX-10RR

Kawasaki ZX-10RR tentunya berbeda dengan Zx-10 R karena dibuat spesial. Model ini diklaim naik satu level dibanding versi lama, dan juga model ini dibuat hanya 500 untuk pasar eropa. Motor ini adalah penantang dari CBR1000RR dan juga motor yang dijuluki “double R’ ini terinspirasi dar feedback kawasaki atas kemenangan dalam WSBK.

Hadir sebagai model istimewa, Kawasaki memberikan beberapa revisi pada superbike andalannya ini. Pabrikan motor yang terkenal dengan warna hijau khasnya itu memodifikasi kepala silinder untuk mengakomodasi camshaft baru dari paket balap yang dijual secara terpisah. Di samping itu crankcase juga dibuat baru dan diklaim lebih kuat. Untuk dapur pacu disebutkan dapat mereduksi friksi untuk menambah efek efisiensi.

Agar dapat bersaing dengan rivalnya di kelas superbike, Kawasaki ZX-10RR juga dilengkapi dengan beberapa perangkat elektronik. Diantaranya kontrol traksi, kontrol engine brake, kontrol start, peranti rem pintar, sampai manajemen untuk menikung. Peranti tersebut ditemani dengan inertial measurement unit atau IMU 6-axis.

Melihat sektor kaki-kaki, terdapat pelek Marchesini yang dibuat dari aluminium tempa. Penggunaan pelek ini membuat bobot sepeda motor menjadi berkurang. Dengan demikian dapat memberikan dampak positif pada handling.

Menariknya pelek tersebut dapat dipakai untuk model lama. Akan tetapi ada beberapa aksesori tambahan yang harus dibeli jika ingin memakainya. Pelek Marchesini ZX-10RR itu dibalut dengan ban Pirelli Diablo Supercorsa.

Untuk sistem pengereman, motor ini mengandalkan produk Brembo. Sedangkan suspensi depan menggunakan Showa Balance Free Fork. Lalu di bagian belakang mengandalkan suspensi BFRC berteknologi canggih. Semuanya ditujukan untuk keperluan terjun di trek.

Kini mari kita intip jeroan Moge yang satu ini. Dilihat dari sisi tampilannya Moge berkapasitas 1.000 cc yang dipasarkan di pasar eropa hanya berjumlah 500 unit saja.

Untuk Moge yang berkapasitas 1.000 cc ini menggendong mesin berkapasitas 998 cc DOHC 16 katup berpendingin cairan 4 silinder sejajar dengan 4 tak. Yang mampu mengeluarkan tenaga 200, 1 PS di 13.000 RPM dan torsi 112 di 11 500 RPM, yang disalurkan melalui 6 percepatan.Motor kawasaki ZX10RR ini menggunakan pengereman dual semi floating 310mm dan rem belakang single 220mm petal discs.

Moge yang satu ini memiliki bobot mencapai 198 kg dengan tangki sebesar 17 liter. Dilihat dari segi tampilan, Kawasaki ZX10R dilengkapi dengan beberapa fitur yang dipergunakan untukĀ  mengontrol pada saat adanya guncangan pada jalan yang terjal yaitu SportĀ  Kawasaki Traction Control.

Selain itu, Kawasaki ZX-10RR juga 3 varian mode yaitu High Power, Medium dan Low.Untuk warna diatas, warna yang digunakan adalah winter edition dan terdapat gambarbutiran salju di bagian belakang dan kaca depan motor tersebut.

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: