4 Kebiasaan Sehat Ini Ternyata Dapat Berdampak Negatif Kepada Kamu

4 Kebiasaan Sehat Ini Ternyata Dapat Berdampak Negatif Kepada Kamu
4 Kebiasaan Sehat Ini Ternyata Dapat Berdampak Negatif Kepada Kamu

Berbagai cara dilakukan agar kita terbiasa menjalani gaya hidup sehat, seperti menjaga kebersihan tubuh. Namun jangan salah! Kebiasaan ini yang kamu kira baik dan menyehatkan, justru malah tidak baik bagi kesehatan tubuhmu! Apakah itu? Mari langsung saja kita simak penjelasan

1. Banyak minum air dalam satu waktu

Kita memang disarankan untuk menkonsumsi air agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu, asupan air yang cukup bisa mencegah penyakit ginjal, menjaga sistem pencernaan tetap sehat, dan menjaga kelembaban kulit, serta meningkatkan mood.

Tapi bukan berarti kamu harus berlebihan meminum air putih. Karena faktanya konsumsi air putih terlalu banyak bisa membuat kamu jadi keracunan air. Keracunan air, atau juga dikenal sebagai hiper hidrasi, merupakan gangguan fatal pada fungsi otak sebagai hasil dari ketidakseimbangan elektrolit pada tubuh hingga batas tidak aman akibat dari hidrasi yang berlebihan. Disarankan untuk minum sedikit-sedikit air dan disesuaikan dengan kondisi cuaca.

2. Menggosok gigi setiap habis makan

Kamu mau gigimu bersih? Lalu kamu selalu menggosok gigi sehabis makan. Sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Kebiasaan yang kamu anggap baik ini justru akan merusak gigi kamu, karena asam dari beberapa makanan yang mengandung sitrus, cola atau minuman olahraga, bisa melunakkan enamel pada gigi.

Dan dengan menggosok gigi Anda ketika enamel masih dalam keadaan lunak justru bisa meningkatkan kecepatan efek buruk yang ditimbulkan oleh asam-asam tersebut, yang justru bisa mengikis lapisan dibaliknya.

3. Duduk terlalu tegak

Banyak orang yang bilang kalau duduk harus tegak, dan hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan tulang. Namun sebuah studi justru mengungkapkan, kalau duduk tegak (dengan sudut 90 derajat) sebenarnya berbahaya jika dilakukan dalam jangka panjang. Posisi terbaik untuk duduk adalah dengan menyandar kebelakang dengan kemiringan sekitar 135 derajat. Jangan salah lagi ya Gaes!

4. Menggunakan pembersih tangan

Jika kamu terobsesi dengan kebersihan dan sudah terbiasa menggunakan cairan pembersih tangan sepeti menggunakan pelembab, kamu harus menghentikan kebiasaan tersebut sekarang juga.

Triclosan, bahan aktif yang terdapat didalam cairan pembersih tangan, bisa membunuh bakteri baik pada tangan kamu sehingga membuat bakteri kebal antibitok bertumbuh ditangan.

Nah itulah 4 Kebiasaan Sehat Ini Ternyata Dapat Berdampak Negatif Kepada Kamu. Semoga dapat bermanfaat.

Tag:
author

Penulis: