4 Masalah yang akan datang jika anda Tidur dalam keadaan Terang

4 Masalah yang akan datang jika anda Tidur dalam keadaan Terang
4 Masalah yang akan datang jika anda Tidur dalam keadaan Terang

Banyak orang salah menganggap jika semakin banyak waktu tidur, semakin berkualitas pula tidurnya. Padahal, kualitas tidak selalu disebabkan dengan kuantitas tidur yang panjang. Ada yang sudah tidur lebih dari tujuh jam, namun masih merasa lelah. Sementara lainnya bisa tidur sebentar namun bangun dengan semangat.

Selain itu, mengatur pencahayaan pada saat memasuki waktu tidur anak sangat membantu dan bermanfaat. Meredupkan cahaya kamar dapat bermanfaat untuk merilekskan mata anak. Hal tersebut membuat anak menjadi terbiasa pada kondisi di mana setiap cahaya lampu mulai redup di kamar atau rumah, itu berarti waktunya tidur.

Namun Apakah anda mempunyai masalah tidur dalam keadaan gelap? Takut ada setan yang menatap sinis ke arah Anda sehingga Anda tidak pernah dapat memejamkan mata?

Well, perlu Anda ketahui bahwa tidur dalam keadaan terang sangatlah tidak dianjurkan. Menurut penelitian, tidur dalam keadaan lampu menyala dapat mengganggu kesehatan atau bahkan memperburuk kondisi kesehatan yang sedang Anda alami.

Berikut ini ada beberapa masalah yang akan datang jika anda tidur dalam keadaan Terang dikutip dari Every Day Health:

 

4 Masalah yang akan datang jika anda Tidur dalam keadaan Terang

4 Masalah yang akan datang jika anda Tidur dalam keadaan Terang

1. Depresi

Gangguan tidur sangat berkaitan dengan resiko atau depresi yang dialami seseorang. Hal ini, menurut penelitian yang dirilis pada jurnal Molecular Psychiatry menunjukan bahwa dengan tidur dalam keadaan lampu menyala dapat mengganggu ritme sirkardian (jam biologis tubuh) dan menyebabkan perubahan secara psikologis.

2. Kanker

Tidur dalam keadaan menyala, menurut para peneliti dapat meningkatkan resiko wanita terkena kanker payudara. Penelitian yang melibatkan lebih dari 1500 wanita ini dirilis pada Chronobiology International.

3. Gangguan reproduksi

Menurut penelitian yang dirilis pada jurnal Epidemiology, disebutkan bahwa paparan sinar dari bohlam dapat mengganggu siklus tidur pada mereka yang tidur dalam keadaan terang. Seiring berjalan waktu, kondisi ini dapat berdampak pada tingkat kesuburan.

4. Obesitas

Penelitian yang dirilis pada jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menyebutkan bahwa jangankan cahaya terang, cahaya redup saat Anda tidur pun dapat menyebabkan perubahan pada ritme tubuh, seperti jadwal makan Anda. Gangguan makan dapat menyebabkan tidak stabilnya asupan makanan dan berbuntut pada obesitas.

Itulah 4 masalah yang akan datang jika anda tidur dalam keadaan Terang. Semoga bermanfaat.

Tag:
author

Penulis: