Ciri-Ciri Kerusakan Mesin Berdasarkan Warna Asap Knalpot

Ciri-Ciri Kerusakan Mesin Berdasarkan Warna Asap Knalpot
Ciri-Ciri Kerusakan Mesin Berdasarkan Warna Asap Knalpot

Ciri-ciri Kerusakan Mesin Berdasarkan Warna Asap Knalpot – Banyak orang yang tidak menyadari mesin kendaraan mereka mengalami masalah pada mesin. Ini dikarenakan banyaknya orang yang kurang begitu paham mengetahui ciri ciri kalau mesin tunggannya bermasalah. Adanya masalah biasanya diketahui ketika para pemilik melakukan servis rutin di bengkel. Hal ini akan membuat terkaget kaget sang empunya kendaraan karena dirasa tidak ada masalah. Namun ketika sampai bengkel tiba-tiba ditemukan masalah.

Nah bagi kalian yang belum mengerti mengenai kondisi kendaraan kalian sehat atau tidak sebenarnya bisa dilihat dari keluarnya asap knalpot. Asap knalpot bisa menjadi indikator mesin motor sehat atau sedang bermasalah. Beda dengan Knalpot motor dua tak yang knalpotnya keluar asap, namun diakibatkan oleh oli samping kendaraan tersebut.

Mengapa knalpot? karena knalpot adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyalurkan gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran mesin. Jadi melalui knalpot inilah bisa diketahui pembakaran mesin kendaraaan sempurna atau sedang dalam masalah.

Dilansir dari Tribunnews.com Berikut ini Ciri-Ciri Kerusakan Mesin Berdasarkan Warna Asap Knalpot, seperti yang telah dikemukakan Kepala Bagian Service Cabang PT Sinar Galesong Pratama (diler Suzuki Motor), Muhammad Gairil Gaus:

1. Asap Knalpot berwarna Putih.

Ini menandakan adanya oli mesin yang sebenarnya bertugas melumasi transmisi dan komponen mesin yang lain justru ikut terbakar didalam ruang bakar mesin. Hal ini mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar tidak sempurna. Jika begini, biasanya kerusakan terjadi pada ring Piston maupun Oli seal Mesin.

2. Asap knalpot berwarna hitam.

Ini menandakan tidak seimbangnya campuran udara dan bahan bakar yang terbakar di ruang pembakaran. Asap hitam ini ditimbulkan oleh tidak seimbangnya campuran bensin dan udara atau dengan kata lain bensin lebih banyak yang terbakar dibanding udara. Dengan timbulnya asap hitam pada gas buang dapat dipastikan motor tersebut boros pemakaian bahan bakar. Dengan kondisi seperti ini, biasanya hanya perlu dilakukan penyetelan ulang pada karburator.

3. Asap knalpot tidak menimbulkan warna asap sama sekali.

Dapat dipastikan bahwa motor yang kita miliki aman-aman saja. Komponen mesin tersebut dalam keadaan baik alias terbebas dari gangguan kerusakan pada mesin.

Itulah 3 Ciri kerusakan mesin yang dapat disimpulkan melalui Asap Knalpot. Sekian dari Cultureindo. Terimakasih
All-New Mitsubishi Pajero Sport baru saja memiliki varian termewah baru yang dilengkapi tujuh fitur canggih
Beberapa waktu lalu, telah kita ketahui bersama bahwa pabrik otomotif ternama. Nissan telah resmi meluncurkan
Pertalite vs Pertamax - Pertalite telah hadir menjadi alternative bahan bakar selain premium dengan kualitas
Apa Sih Manfaatnya Goyang Mobil Saat Isi BBM Di Pom Bensin ? Cultureindo.com - Kita
Otomotif - Dalam menyambut hari jadi yang ke 100 th Perusahaan otomotif BMW akan meluncurkan

Tag:
author

Penulis: