Cara Mudah Menghitung Denda Pajak Kendaraan Yang Telat Dibayar

denda telat bayar pajak kendaraan

Cultureindo.com – Bagi sebagian orang, urusan dalam membayar pajak kendaraan bermotor masih menjadi hal yang membingungkan. Terutama jika ternyata, anda telat dalam membayar pajak kendaraan. Maka tentunya hitungan presentase yang harus anda bayar akan menjadi berbeda, karena jumlah biaya pokok pajak kendaraan yang harus anda bayar, harus ditambah dengan biaya denda karena telat membayar pajak kendaraan tersebut.

denda telat bayar pajak kendaraan

Selama ini, banyak sekali masyarakat yang salah beranggapan, bahwa jika kita telat sehari saja membayar pajak kendaraan, maka denda yang harus kita bayar sama dengan total denda satu tahun. Jadi baik telat sehari atau satu tahun, biaya denda pajak kendaraan yang harus kita bayarkan sama saja. Anggapan tersebut sangat salah. Karena sebenanrnya ada cara mudah dalam menghitung denda pajak kendaraan bermotor karena telat membayar pajak. Dan yang pasti bukan seperti apa yang kebanyakan orang fikirkan bahwa telat satu hari sama saja bayar denda satu tahun.

 

Cara mudah menghitung denda pajak kendaraan karena telat membayar, sebenarnya cukup simple. Bahkan bisa anda kalkulasi sendiri di rumah. Yang benar adalah, jika anda telat membayar pajak denda selama sehari, maka hitungan denda pajak kendaraan yang harus anda bayar adalah dibulatkan denda pajak satu bulan. Jika anda telat membayar pajak kendaraan selama sebulan lebih satu hari, maka cara menghitung denda pajak kendaraan yang telat adalah biaya pokok pajak ditambah biaya denda pajak kendaraan selama 2 bulan genap. Dan jika anda telat membayar pajak kendaraan selama satu tahun, maka denda yang harus anda bayar adalah denda bayar pajak kendaraan perbulan dikali 12 bulan.

 

Anda masih bingung..? Oke, contoh sederhananya begini. Anda memiliki motor, pada contoh kali ini kita akan menggunakan motor Honda Sonic 150. Seperti yang tertulis pada STNK, disitu dijelaskan bahwa iaya PKB(pajak kendaraan bermotor) adalah Rp. 184.500. Dan biaya SWDKLLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan) sebesar Rp. 35.000. Maka total pajak yang harus kita bayar adalah biaya PKB + SWDKLLJ = rp. 219.500. Itu adalah biaya pajak tahunan kendaraan motor Honda Sonic sebagaimana contoh di atas.

 

Lalu, bagaimana jik kita telat membayar pajak kendaraan? Maka bagaimana cara menghitung denda bayar pajak kendaraan yang telat? Dan berapa denda telat bayar pajak kendaraan yang harus dibayar? Maka, hitungan sederhananya seperti ini.. Semisal, denda telat bayar pajak kendaraan bermotor adalah 25% pertahun dari denda PKB ditambah denda SWDKLLJ. Maka jika pada contoh di atas anda telat membayar pajak kendaraan motor Honda Sonic selama 1 tahun, maka denda yang harus anda bayar adalah Biaya PKB x 25% x 1 + SWDKLLJ. Maka kurang lebih total denda satu tahun yang harus anda bayar adalah 182.500 x 25% x 1= Rp.46.125 + SWDKLLJ (Rp.32.000) = Rp.78.125.

 

Maka denda pajak kendaraan yang harus anda bayar karena telat selama satu tahun untuk contoh motor Honda Sonic di atas adalah sebesar Rp.78.125/tahun + biaya pajak tahunan Rp.184.500. Jadi total biayayang harus anda bayar untuk pajak + denda pajak tahunan adalah Rp.78.125+Rp.184.500= Rp 297.625. Namun, bagaimana jika keterlambatan anda tidak sampai satu tahun? Maka cara menghitung denda telat bayar pajak kendaraan bermotor, adalah dengan melakukan presentase. Yaitu total denda pertahun dibagi 12. Misal, denda pertahun adalah PKB 25% dari total pajak pertahun, ditambah SWDKLLJ, maka jika anda telat satu bulan dalam membayar pajak kendaraan,maka kurang lebih cara menghitungnya demikian..

Cara Perhitungan Telat Membayar Pajak Sepeda Motor Telat 1 Tahun

 

Denda PKB per tahun : 25 %.
Terlambat 1 bulan : PKB x 25% x 1/12.
Terlambat 2 bulan : PKB x 25% x 2/12.
Terlambat 1 tahun : PKB x 25% x 12/12

Denda PKB = biaya PKB x 25% x 12/12
yaitu = 184.500 x 25 % x 1
hasilnya = Rp 46.125

Denda SWDKLLJ Rp 32.000

Denda keseluruhan = Denda PKB + denda SWDKLLJ
yaitu = 46.125 + 32.000
hasilnya = Rp 78.125

Biaya pajak yang harus dibayar adalah biaya PKB + SWDKLLJ + denda keseluruhan
yaitu = 184.500 + 35.000 + 78.125
hasilnya = Rp 297.625

 

Namun mulai Januari 2017 lalu, pemerintah sudah mulai menerapkan kenaikan tarif pada Penerina Negara Bukan Pajak (PNBP) Hingga 100%. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini. Klik gambar untuk memperbesar.

 

Cara menghitung denda kendaraan bermotor

menghitung pajak kendaraan bermotor

 

Dengan adanya kenaikan tersebut, pastikan anda membayar pajak kendaraan anda tepat waktu. Karena jika denda terus menumpuk, maka itu akan sangat memberatkan dikemudian hari. ujung-ujungnya, anda malas untuk membayar pajak kendaraan karean biaya yang sudah berkali-kali lipat karena terlalu sering telat membayar pajak kendaraan bermotor. Jadi, pastikan anda membayar pajak kendaraan tepat waktu. Demi kebaikan anda sendiri agar tidak berat dikemudian hari, dan demi kebaikan bersama untuk membantu pembangunan insfratruktur yang lebih baik. Demikian cara menghitung denda pajak kendaraan karena telat, semoga bermanfa’at bagi anda. ūüôā

Cultureindo.com - LIVE STREAMING - Prediksi Mitra Kukar VS Persib Bandung, Jadwal Liga 1 Hari
Cultureindo.com - Viral Di Fb Dekorasi Pernikahan Puluhan Juta Di Bongkar Untuk Sambut Kehadiran Jokowi. Tidak
Cultureindo.com - JADWAL LIGA 1 Mitra Kukar VS Persib Bandung, Besuk Hari Sabtu Live Di TV
Cultureindo.com - Dani Alves Resmi Bergabung Ke PSG Dengan Gaji Rp 3,9 Miliar Per Minggu. Mantan
Cultureindo.com - Ayu Ting Ting Di Depak Dari Program Pesbukers ANTV, Begini Tanggapan Umi Kalsum dan

Tag:
author

Penulis: 

Memiliki jiwa seni, menyukai dunia tulis menulis dan gambar. Tertarik dengan bidang jurnalistik. Lulusan studi islam pesantren Fadhlul Wahid, tahun ajaran 2008-2009. Menjadi santri selama 8 tahun, dan lulus menjadi orang biasa yang menjalani hidup dengan biasa pula.