Wajib Tahu..!! Aturan Tingkat Kegelapan Kaca Mobil Yang Dibolehkan Untuk Dipakai

Aturan Tingkat Kegelapan Kaca Mobil Yang Dibolehkan
Aturan Tingkat Kegelapan Kaca Mobil Yang Dibolehkan

Cultureindo.com – Bagi anda para pengguna mobil, pasti sebagian dari anda ada yang lebih suka menggunakan kaca gelap atau kaca film. Alasanya sederhana, sebagian besar untuk privasi, dan sebagian yang lain beralasan agar tidak terlalu panas karena banyaknya cahaya yang masuk ke mobil bisa berkurang. Namun apakah anda juga tahu? Bahwa penggunaan kaca gelap pada mobil ada aturanya

 

Aturan Tingkat Kegelapan Kaca Mobil Yang Dibolehkan

Aturan Tingkat Kegelapan Kaca Mobil Yang Dibolehkan

 

Yup, benar. Penggunaan kaca film pada mobil, sebenarnya sudah ada undang-undangnya. Jadi ada aturan tingkat kegelapan kaca mobil yang dibolehkan, dan jika melebihi batas itu, maka dianggap melanggar.

 

Dalam Newsletter Info HUBDAT, seperti yang dilansir hukumonline.com, disebutkan bahwa ada aturan yang cukup spesifik mengenai tingkat kegelapan kaca mobil, yaitu Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca pada Kendaraan Bermotor.

 

Disitu tertulis, kaca depan, belakang, dan samping, harus terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah, bisa tembus pandang dari dua arah, serta tidak mendistorsi pengelihatan orang yang ada di dalam mobil ke luar mobil.

 

Dan disitu dikatakan pula, kaca mobil boleh dilapisi bahan berwarna. asal presentase cahaya yang masuk tidak kurang dari 70%. Namun untuk kaca depan dan belakang mobil, presentase cahaya boleh kurang hingga 40%. Dengan syarat, hanya menutupi maksimal 1/3 dari tinggi kaca secara keseluruhan.

 

Arti dari presentase di atas, adalah presentase dari cahaya yang masuk ke dalam kabin mobil dengan cahaya sebelum masuk menembus kaca. Semakin tinggi presentasenya, maka kaca mobil yang digunakan semakin bening. Dan jika presentase semakin rendah, maka kaca mobil yang digunakan semakin gelap.

 

Mungkin hal ini kadang berbanding terbalik penyebutanya dengan istilah yang digunakan oleh para penjual kaca film. Selain presentase kegelapan kaca, disitu juga disebutkan bahwa penggunaan lapisan tidak boleh menimbulkan pemantulan cahaya yang baru. Aturan dalam penggunaan tingkat kegelapan kaca mobil yang dibolehkan ini,  adalah amanat dari PP Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, terutama pada 58 ayat (5) .

“kaca sebagaimana dimaksud pada ayat (3) mempunyai tingkat kegelapan tertentu.”

 

Dengan mengetahui adanya peraturan tingkat kegelapan kaca mobil yang dibolehkan ini, semoga anda bisa meninjau kembali tingkat kegelapan kaca mobil yang anda gunakan agar selalu sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena jika melanggar, bisa jadi anda akan dikenai sangsi. /fai

 

Tag:
author

Penulis: 

Hanya orang biasa yang hidup biasa dan ingin jadi manusia yang biasa-biasa saja dalam dunia yang serba biasa.