Menjelajah Objek Wisata Di Gunungkidul Yang Mempesona

Cultureindo.com – Gunung Kidul memiliki keindahan alam yang mempesona sehingga patut dieksplore. Potensi pesona alam tersebut tentu harus dikembangkan guna menarik perhatian wisatawan. Keadaan alam yang ada di Gunung Kidul hingga sekarang masih terlihat alami dan terasa  menyejukan sebagai tempat liburan.

 

Seperti yang kita tahu jika Gunung Kidul terlerak di sebelah selatan dan berbatasan langsung dengan laut selatan atau Samudera Pasifik.  Selain itu, Gunung Kidul sendiri termasuk Kabupaten yang memiliki wilayah geografis berupa dataran tinggi. Maka jangan heran Gunung Kidul selalu menyuguhkan objek wisata yang menawan sebagai berikut ini.

 

 

Pesona Tempat Wisata di Gunung Kidul

 

Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai Baron

Tempat wisata di Gunung Kidul yang didominasi oleh alam pantai memang terpancar dari segala keindahannya. Pantai Baron merupakan salah satu pantai yang juga menawarkan panorama laut yang eksotis. Selain itu, kawasan pantai ini terkenal dengan masakan lautnya. Hanya di sinilah para wisatawan dapat menemukan aneka kuliner laut seperti lobster, ikan kakap, hingga gorengan coro laut. Di beberapa meter dari bibir pantai anda dapat pulau kecil di tengah laut.

 

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Selanjutnya adalah Pantai Indrayanti yang sangat terkenal dengan pantai pasir putihnya. Jika ditelusuri sepanjang garis pantai ini, maka anda akan menjumpai banyak sekali pantai yang ada di wilayah ini. Namun di pantai Indyaranti ini memiliki hamparan pasir putih dengan laut yang berwarna biru yang jernih. Di sepanjang bibir pantai Indrayanti tersebut terdapat  deretan restoran yang menyajikan menu khas laut dan juga kelapa muda.

 

Goa Jomblang 

Goa Jomblang

Goa Jomblang

Goa Jomblang berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Ada hal unik dari gua yang satu ini karena terdapat fenomena cahaya di Luweng Grubug. Sebaiknya anda datang ke tempat ini pada siang hari antara pukul 10-12, lantaran waktu tersebut adalah waktu yang tepat. Setelah memasuki Goa Jomblang secara vertical, maka akan menginjakkan kaki di sebuah area Hutan Purba yang memiliki vegetasi unik.

 

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu tempat wisata yang cocok dikunjungi para pendaki atau pecinta alam. Gunung tersebut bisa dilakukan kegiatan trekking yang seru dan menyenangkan. Mendaki Gunung Nglanggeran yang berada Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk ini memiliki ketinggian hanya 700 mdpl. Konon Gunung Nglanggeran merupakan bekas gunung api yang aktif pada 60 juta tahun silam.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Satu lagi Air Terjun Sri Gethuk yang berada di kawasan pegunungan kapur semacam Gunungkidul. Anda bisa langsung datang ke sebuah Ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen. Di tempat wisata inilah anda akan menemukan air terjun yang mempesona, dimana mengalir tanpa henti di antara tebing-tebing karst. Apalagi bebatuan berundak di bawah menambah kesan unik air terjun.

 

Itulah beberapa tempat wisata yang sayang dilewatkan saat bertandang ke Gunung Kidul. Cobalah menyambangi satu persatu demi menikmati keindahan alam dan kenikmatan udara. /rif

Cultureindo.com - LIVE STREAMING - Prediksi Mitra Kukar VS Persib Bandung, Jadwal Liga 1 Hari
Cultureindo.com - Viral Di Fb Dekorasi Pernikahan Puluhan Juta Di Bongkar Untuk Sambut Kehadiran Jokowi. Tidak
Cultureindo.com - JADWAL LIGA 1 Mitra Kukar VS Persib Bandung, Besuk Hari Sabtu Live Di TV
Cultureindo.com - Dani Alves Resmi Bergabung Ke PSG Dengan Gaji Rp 3,9 Miliar Per Minggu. Mantan
Cultureindo.com - Ayu Ting Ting Di Depak Dari Program Pesbukers ANTV, Begini Tanggapan Umi Kalsum dan

Tag:
author

Penulis: 

Memiliki jiwa seni, menyukai dunia tulis menulis dan gambar. Tertarik dengan bidang jurnalistik. Lulusan studi islam pesantren Fadhlul Wahid, tahun ajaran 2008-2009. Menjadi santri selama 8 tahun, dan lulus menjadi orang biasa yang menjalani hidup dengan biasa pula.