Jelajahi 5 Objek Wisata Jawa Timur Yang Paling Memikat

Gua Gong di Pacitan
Gua Gong di Pacitan

Cultureindo.com – Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa Jawa Timur memiliki banyak objek wisata menarik. Pesona wisata alam yang memikat serta panorama laut yang menawan hati. Selain itu, keunikan sajian wisata kuliner Jawa Timur dengan berbagai olahan makanan laut, kreativitas makanan daging dan sejumlah oleh-oleh khas nan tradisional.

 

Sebagai wilayah yang paling luas di antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, keadaan geografis memang sangat menunjang kegiatan pariwisata. Maka tak heran jika infrastruktur yang diberikan cukup memadai, apalagi akomadasi terbilang sangat mudah. Adapun objek wisata Jawa Timur yang paling memikat wisatawan adalah sebagai berikut.

 

Tempat Wisata Paling Memikat Di Jawa Timur

 

Gunung Bromo di Malang 

Gunung Bromo di Malang

Gunung Bromo di Malang

Keindahan matahari tenggelam di Gunung Bromo memang tak ada duanya. Anda bisa merasakan saat tiba di puncak Penanjakan. Gunung Bromo memiliki karakter alam yang menawan, seperti hamparan lautan pasir yang luas, udara segar, dan berhawa dingin. Berkuda di atas lautan pasir yang hanya dimiliki taman nasional ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Lautan pasir ini begitu luas dan terletak pada ketinggian 2.392 meter.

 

Kawah Ijen di Banyuwangi 

Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen merupakan kawah danau terbesar di Pulau Jawa sehingga menyuguhkan pesona alam yang sangat indah. Apalagi kawah danau tersebut memiliki keunikan tersendiri, yakni danau belerang yang berwarna tosca dan api biru (blue fire). Anda dapat menyaksikan panorama memikat ini pada saat malam hari hingga menjelang subuh. Namun untuk mencapai kawah, anda harus mendaki setinggi 3 km dengan memakan waktu  1,5 jam.

 

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi 

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah menampilkan panorama alam pantai berwarna merah dengan bentuknya menyerupai sebuah bukit kecil. Di samping itu, terletak tak jauh dari bibir pantai yang mempunyai pasir putih sepanjang 3 km. Kegiatan di pantai tersebu adalah surfing dengan ketinggian gelombang hingga 4-5 meter.  Panorama sunset yang memikat juga dapat anda rasakan di kawasan Pantai Pulau Merah Bnayuwangi.

 

Gua Gong di Pacitan

Gua Gong di Pacitan

Gua Gong di Pacitan

Goa Gong berada di Desa Bomo yang merupakan sebuah gua cukup indah dan menarik perhatian. Goa yang satu ini merupakan salah satu yang terkenal dari sejumlah tempat wisata di Pacitan. Selain keindahan bentuk stalaktit dan stalagmitnya, keunikan Gua Gong juga dapat berbunyi seperti gong ketika dipukul. Dari sinilah gua tersebut mendapatkan namanya. Konon, gua ini dianggap angker karena sering terdengar suara gamelan, termasuk bunyi suara gong dari dalam gua.

 

Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Satu lagi Air Terjun Madakipura yang termasuk tempat meditasi terakhir bagi Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit. Air terjun yang menjulang tinggi ini dijuluki air terjun abadi karena tidak pernah berhenti mencurahkan tirai air halus. Namun air terjun tersebut terkesan mistis, lantaran mampu memberi suguhan yang memukau. Cobalah anda masuk ke dalam ruan  berketinggian 200 meter tersebut,  memungkinkan akan melihat panorama alam matahari yang menyorot lumut hijau basah di dinding berbatu.

Tag:
author

Penulis: 

Memiliki jiwa seni, menyukai dunia tulis menulis dan gambar. Tertarik dengan bidang jurnalistik. Lulusan studi islam pesantren Fadhlul Wahid, tahun ajaran 2008-2009. Menjadi santri selama 8 tahun, dan lulus menjadi orang biasa yang menjalani hidup dengan biasa pula.