Ini Dia Bahan Makanan Sehat Bagi Penderita Typus

​Cultureindo.com – Bahan Makanan Sehat Bagi Penderita Typus — Typus merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena peradangan pada usus. Peradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi usus yakni Salmonella enterica serotype typhi. Pada umumnya bagi penderita typus dianjurkan mengonsumsi makanan yang lembut dan tidak berserat. Hal ini digunakan untuk memudahkan pencernaan sehingga makanan bisa tercerna dengan baik oleh usus.

 
Banyak penderita typus yang salah mengonsumsi makanan. Mereka hanya asal mengonsumsi makanan yang lembut saja. Padahal untuk penyakit ini sangat perlu memerhatikan konsumsi makanan. Disamping usus yang dimiliki oleh penderita typus tidak dapat berfungsi maksimal diakibatkan terinfeksi bakteri. Jika Anda telah mengetahui bahan makanan yang dianjurkan untuk penyakit typus, Anda bisa mengahindari maupun mencegahnya. Dan berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang dianjurkan untuk penyakit typus.

 

 

Bahan Makanan Sehat Bagi Penderita Typus

Bahan Makanan Sehat Bagi Penderita Typus
Buah-buahan

Buah yang dianjurkan bagi penderita typus pada umumnya yakni buah yang tidak terlalu banyak mengandung serat, seperti : pisang, pepaya, alpukat, buah naga, melon dan sebagainya. Dianjurkan pula agar makanan tersebut diolah agar memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah di cerna. Selain diolah agar memiliki tekstur yang lembut, buah-buahan yang dianjurkan harus memiliki kadar air dan vitamin yang banyak.

 
Bubur Tim

Bubur merupakan salah satu makanan yang memiliki tekstur yang lembut. Walaupun bubur berasal dari beras yang mengandung sumber kabohidrat namun diyakini bubur adalah salah satu makanan sehat bagi penderita typus. Sumber karbohidrat akan berkurang jika beras dimasak dengan suhu yang tinggi. Sehingga akan mencegah iritasi pada sistem pencernaan khususnya lambung dan usus. Dianjurkan pula dalam membuat bubur tim diberi sayuran yang rendah serat, seperti : wortel, kacang, dll.

 
Jus Buah dan Susu

Karena banyak yang hilang dari penyakit typus maka dengan ini diperlukan asupan gizi yang cukup seperti : vitamin, natrium, kalium, klorida asin, elektrolit hingga energi. Jus buah dan susu adalah salah satu minuman sehat bagi penderita typus. Namun, Anda harus memilih buah yang tepat untuk dikonsumsi yakni buah yang rendah serat, rendah lemak dan memiliki kandungan air yang banyak. Buah yang dianjurkan antara lain : tomat, melon, dan sebagainya.

 
Roti

Roti yang dianjurkan bagi penderita typus yakni roti yang memiliki kadar gula yang rendah dan memiliki tekstur yang lembut. Apabila roti tersebut memmiliki tekstur yang kurang lembut, maka dapat di olah atau dibuat tim terlebih dahulu. Hal ini digunakan untuk memudahkan pencernaan.

Multivitamin

Selain makanan sehat, tentunya tubuh juga membutuhkan vitamin yang cukup. Vitamin yang dianjurkan untuk penderita typus yakni vitamin A dan vitamin B. Vitamin tersebut dapat diperoleh di berbagai macam apotek dan pasar. Namun, vitamin tersebut juga dapat diperoleh dari berbagai macam buah dan sayuran.

 
Itulah beberapa makanan sehat yang dianjurkan bagi penderita typus. Tidak hanya pola makan saja yang perlu diperhatikan. Namun, minuman yang di konsumsi dan istiharat yang cukup perlu diperhatikan bagi penderita typus. Karena, faktor utama penyebab sakit adalah lemahnya metabolisme tubuh. Semoga bermanfaat.

 

Cultureindo.com - LIVE STREAMING - Prediksi Mitra Kukar VS Persib Bandung, Jadwal Liga 1 Hari
Cultureindo.com - Viral Di Fb Dekorasi Pernikahan Puluhan Juta Di Bongkar Untuk Sambut Kehadiran Jokowi. Tidak
Cultureindo.com - JADWAL LIGA 1 Mitra Kukar VS Persib Bandung, Besuk Hari Sabtu Live Di TV
Cultureindo.com - Dani Alves Resmi Bergabung Ke PSG Dengan Gaji Rp 3,9 Miliar Per Minggu. Mantan
Cultureindo.com - Ayu Ting Ting Di Depak Dari Program Pesbukers ANTV, Begini Tanggapan Umi Kalsum dan

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: 

Memiliki jiwa seni, menyukai dunia tulis menulis dan gambar. Tertarik dengan bidang jurnalistik. Lulusan studi islam pesantren Fadhlul Wahid, tahun ajaran 2008-2009. Menjadi santri selama 8 tahun, dan lulus menjadi orang biasa yang menjalani hidup dengan biasa pula.