AS Mengklaim Jika Upaya Arab Memutus Hubungan Dengan Qatar Tidak Ada Pengaruhnya Terhadap ISIS

ISIS

Cultureindo.com – AS Mengklaim Jika Upaya Arab Memutus Hubungan Dengan Qatar Tidak Ada Pengaruhnya Terhadap ISIS.  Menlu Amerka Serikat Rex Tillerson mengatakan bahwa apa yang di lakukan Arab, mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain dengan memutus hubungan dengan Qatar itu tidak berdampak apa – apa terhadap upaya melawan ISIS.

Sebab ISIS sendiri merupakan kelompok yang tidak hanya mengandalkan negara – negara kerajaan di Arab saja. ISIS mempunyai jaringan yang lebih besar, jadi kekuatan ISIS jika di putus dari sebelah maka akan timbul lebih besar dari sisi sebelahnya lagi.

“Saya rasa ini tidak akan memberikan dampak signifikan, jika memang ada dampaknya, pada peperangan bersama melawan terorisme baik di kawasan maupun secara global,” kata Tillerson kepada wartawan di Sydney, Australia, sebagaimana dikutip Reuters, Senin (5/6).

Negara-negara tersebut memutuskan hubungan dengan Qatar atas alasan dukungan negara tersebut pada terorisme, termasuk ISIS, Al-Qaidah dan Ikhwanul Muslimin yang merupakan gerakan Islam tertua di dunia.

Keempat negara besar yang sering di sebut negara – negara teluk mengumumkan pada publik bahwa pihaknya telah secara resmi menutup jalur transportasi dengan Qatar. Dan untuk beberapa waktu masih akan di beri jaan guna memulangkan warga – warga yang masih berada di Qatar. Bahkan tidak hanya itu saja Qatar juga dikeluarkan dari koalisi yang dipimpin Saudi dalam perang di Yaman.

Dengan cara ini tentu akan membuat api semakin berapi – api, perdamaian antara negara – negara teluk tidak akan kondusif. AS menghimbau agar menyelesaikannya dengan rundingan yang baik. Tillerson mendorong Dewan Kerjasama Negara Teluk untuk menyelesaikan perselisihan mereka. Langkah terkoordinasi ini memperkeruh permasalahan soal dukungan Qatar terhadap Ikhwanul Muslimin dan membuat Doha dituding mendukung agenda Iran yang merupakan rival utama kawasan.

Adapun keputusan untuk memecah belah dengan Qatar ini di tengarai dari pernyataan Donald Trump yang juga berniat untuk memerangi Teroris. Nemun menurut Menlu AS langkah yang di ambil ke empat negara teluk ini terlalu beresiko terhadap kedamaian jangka panjang di negara teluk.

Arab Memutus Hubungan Dengan Qatar.

Tag:
author

Penulis: 

Seorang yang hobi menulis. Mudah penasaran akan suatu hal. Menyukai sepak bola dan dunia jurnalustik. Menjadi penulis resmi di beberapa media Online.