Berita Terkini Hari Ini: Ceroboh…!! Kapal Sembako KM Anuari 4 Tenggelam Setelah 4 ABK Tertidur

Kapal Sembako KM Anuari 4 Tenggelam

Cultureindo.com – Berita Terkini Hari Ini: Ceroboh…!! Kapal Sembako KM Anuari 4 Tenggelam Setelah 4 ABK Tertidur. Musibah memang tidak bisa di tebak sebelumnya, kali ini musibah baru di alamai Kapal Moto Anuari 4 yang mengangkut berbagai barang sembakau dari Tawau, Malaysia, Jumat (7/7).

 Berita Terkini Hari Ini. Kapal tenggelam setelah ke empat ABKnya malah asik tidur saat kapal melakukan perjalanan ke Nunukan, Kalimantan Utara. Dalam muatannya KM Anuari 4 tengah memuat barang sembakau dalam jumlah penuh. Dengan beban yang cukup berat tersebut maka Kapal langsung tenggelam karena sistem pompa untuk pebuangan air lupa untuk di nyalakan. Dan lebih ngerinya lagi ke empat ABK yang di tugaskan mengawasi mesin saat melakukan perjalanan malah tertidur lupa dengan tugasnya.

Alat pemompa air atau biasa disebut alkon lupa dinyalakan kembali setelah beroperasi. Jika alat di nyalakan insiden ini di yakini tidak akan terjadi, tenggelamnya kapal ini murni karena ketledoran ABK kapal yang tidak teliti dalam bekerja. Kerugian sendiri di taksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Tidur ABK-nya. Mereka tidak rasa kalau air masuk, mesin alkonnya mati. Tenggelam baru sadar,” ungkap Usen, warga sekitar melihat kejadian tersebut saat ditemui Radar Tarakan (Jawa Pos Group).

Dalam penjelasannya Rudi yang bertugas sebagai nahkoda kapal itu mengaku jika kapal yang membawa sembako dan beberapa barang lainnya ini tiba dari Tawau, Malaysia dan bersandar di Dermaga Inhutani pukul 04.00 wita dini hari. Alasan Rudi untuk menunda kapalnya untuk bersandar dan memilih untuk berjangkar jauh dari dermaga adalah karena air laut yang saat itu surut dan tidak memungkinkan untuk bersandar karena kapal bisa kandas. Maka dari itu Rudy memilih untuk berjangkar jauh dari dermaga.

“Dekat saja. Di samping MV Tawindo 2. Yang bawa itu ABK juga. Karena hanya dekat. Sementara saya, tidak ikut,” ungkap Rudi saat dimintai keterangan sejumlah aparat keamanan.

Sebelumnya memang sudah di nyalakan pompa air untuk membuang semua air yang masuk ke kapal. Namun pada jam 12.00 WITA, ABK kapal mencoba mematikan sementara agar mesin pompa tidak panas. Namun naas saat istirahat tersebut seluruh ABK ketiduran dan akhirnya kapal tenggelam.

“Nah, pukul 2 siang itu, saya lihat kapal tidak seperti biasanya. Saya akhirnya menghubung ABK untuk memeriksa ada apa,” ungkapnya.

Kapal Karam Setelah 4 ABK Tertidur Pulas.

Tag:
author

Penulis: 

Seorang yang hobi menulis. Mudah penasaran akan suatu hal. Menyukai sepak bola dan dunia jurnalustik. Menjadi penulis resmi di beberapa media Online.