Resiko Menggunakan Internet Gratisan

Dalam kehidupan, sebagian besar masyarakat di kota saat ini yang mereka takutkan yakni habisnya baterai dari smartphone dan juga habisnya kouta internet. Sedangkan hotspot atau WiFi sudah tidak ada lagi. Memang akses internet saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk seari-hari.

Komunikasi pada internet

Secara umum, yang disebut router ialah perangkat pada jaringan utama yang mana akan menghubungkan pengguna dengan server ataupun pladen. Router disini memiliki data tabel yang akan menghubungkan alamat IP dan bakal saling berkomunikasi dengan router yang lain. Hal tedsebut dilakukan untuk mencari jalur yang terbaik, sehingga paket internet yang dipakai server akan sampai ke tujuan.

Kemudian Kabel vs Nirakbel

Dalam sistem selular, ketika kita mengakses internet dengan menggunakan jaringan selular atau nirkabel (bukan BT atau WiFi) dan dibandingkan melalui dengan jaringan kabel (ftth/broadband), pembedanya hanya pada sisi pembawaanya saja.

Sebetulnya dalam seluler tersebut juga terdapat arsitektir radio, core dan juga transport yang mana pada paket internet tersebut lebih didahulukan kemudian ditransmisikan menggunakan penjalan frekuensi radio, lalu kemudian ditransport yang menuju ke core dan ke jaringan internet yang berikutnya.

Tidak hanya itu, ada fungsi loain dalam penyedia jasa layanan jaringan dan jasa telekomunikasi yang memiliki fugsi dan keamanan, semisal Anti DdoS, Antispam, IDS, Firewall dan IPS. Sebenarnya Spam ialah metode serangan siber yang menggunakan email yang didalamnya berisikan informasikan malware atau sampah virus.

Serangan siber

Yang wajib kita ketahui dalam menggunakan internet ialah serangan siber. Serangan tersebut dapat melalui tiga cara, yakni : pada transportasi data, pada pengguna,dan pada posisi pladen.

Kemudian serangan yang paling efektif yakni serangan pada pengguna. Hal tersebut dikarenakan pengguna internet tidak sadar dengan keamanan pada datanya.

Akses internet sebenarnya menggunakan jalur akses manapun yang telah secara aman disediakan oleh layanan internet. Tidak hanya itu, pemerintah juga berusaha dengan keras untuk melindungi data pribadi dari warganya. Ketika menggunakan produk layanan internet, pahami resikonya. Hal ini disebabkan, jika internet gratis tanpa ada pembayaran sepersenpun, maka sebenarnya data pribadi anda dan juga anda sendiri yang menjadi produknya.

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: