Triyaningsih, Atlet Lari yang Dijuluki Sang Ratu Jalan Raya

 

Seorang pemenang bukanlah sosok yang tidak pernah jatuh, namun tidak pernah menyerah. Itulah motto yang telah di pegang teguh Triyaningsih, atlet lari Indonesia yang dijuluki sebagai ratu jalan raya. Di lihat dari sosoknya yang mungil tak ada yang menyangka bahwa prestasi Trianingsih jauh mampu melibas pelari lainnya di asia tenggara.

Pada pelari 1000 meter sea games 2017R, Tria finish paling depan dengan catatan waktu 36 menit 39,37 detik. Emas di raih tria dan lagu kebangsaan Indonesia berkumandag mengetarkan stadion bukit jalil Malaysia. Medali emas yang di perolehnya menambah koleksi penghargaan yang kini berjumlah 11 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu, kesemuanya di peroleh selama 15 tahun lebih berlatih laga di cabang atletik.

Prestasi Triyaningsih

“Jadi, totalnya selama 7 kali ikut sea games nomor 10.000 meter ini aku 6 kali mendapatkan emas. Jadi, totalnya udah 6 kali selama 6 kali sea games Alhamdulillah aku selalu mendapatkan emas terus. Jadi, untuk mendapatkan 3 medali emas ini aku itu harus berlari sejauh 57,195 km, karena aku ikut 5000 meter, 10.000 meter, sama 42.000 meter marathon itu. Dan alhamdulillahnya dapat emas.”

Berbagai prestasi yang tertoreh tentu tidak di peroleh dengan mudah, setiap harinya Tria harus menguras tenaga untuk berlatih.

“berlari jarak jauh, sekian kilo, 10 kilo, 12 kilo. Dalam program latihannya memang seperti itu. Tantangannya itu memang berat dan terbilang sangat berat, karena dia pemegang rekor dia sang juara, jadi saya sebagai pelatih harus bisa melawan dirinya Trianingsih sendiri. Karena itu musuhnya dia, bukan siapa-siapa musuhnya dia adalah rekornya dia sendiri, tetapi di diri dia di jiwa dia sudah ada fighter.”

Terlepas dari berbagai prestasinya yang tak henti mengharumkan nama bangsa, Tria juga di kenal dengan sosok yang rendah hati . ia menjadi panutan di kalangan atlet muda.

Mendengar kumandang lagu Indonesia Raya di arena menjadi moment tersendiri yang mengangkat rasa nasionalisme Tria sebagai pelari tanah air.

Tag:
author

Penulis: