iPhone Terbaru Diusung Dengan Prosesor Enam Core

 

Saat ini Apple terlihat tengah ikut-ikut dengan perangkat Android yang hampir semuanya mampunyai spesifikasi yang di atas rata-rata. Kali ini telah beredar informasi bahwa iPhone X saat ini diusung dengan prosesor enam core. Kabar tersebut berasal dari sejumlah bocoran yang diperoleh melalui dengan iOS 11 Golden Master (GM). Dengan begitu sudah diketahui bahwa iPhone X tersebut saat ini memakai prosesor dengan core yang lebih banyak dari iPhone 7.

iPhone 7 yang hanya menggunakan prosesor A10 Fusion dengan teknologi quad core. Sementara itu dengan iPhone X, ponsel ini menggunakan enam core.

Walaupun menggunakan quad core, prosesor dari A10 Fusioon iPhone 7 ini tidak dapata bekerja sama. Hal tersebut dikarenkan mempunyai tugas masing-masing yakni dua core untuk mengerjakan pekerjaan ringan, sedangkan beban berat pada yang lain ditangani oleh dua core yang lain.

Akan tetapi pada prosesor iPhone X, Apple juga disebut-sebut dengan melakukan improvisasi yang sangat signifikan. Seperti yang telah dikutip dari Engadget pada Selasa (12/09/2017) dari keenam core tersebut dapat bekerja dengan kesseluruhnya pada saat benar-benar dibutuhkan.

iPhone X yang istimewa

Hal tersebutlah yang membuatnya menjadi istimewa, walaupun tetap muncul sejumlah pertanyaan terkait dnegan apa iPhone tersebut juga sangat membutuhkan prosesor dengan sangat banyak jumlah core sebanyak itu. Akan tetapi prosesor tersebut disinyalir tetap dibagi menjadi dua. Dari spekulasinya tersebut menyebutkan bahwa quad qore itu agar menangani beban komputasi yang ringan hingga sedang. Sementara dua core yang lain digunakan untuk beban yang lebih berat.

Kalau memang jadi, iPhone X tersebut bukanlah satu-satunya yang menggunakan prosesor enam core. Ada juga iPad Pro yang diusung dengan prosesor enam core, yang tugasnya dibagi tiga core untuk pekerjaan berat sementara tiga yang satunya untuk pekerjaan ringan. Akan tetapi, keenam core pada prosesor iPad Pro tersebut tidak bisa digunakan secara bersama-sama.

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: