Penyebab Meningkatnya Ancaman Cyber

 

Era ditigal pada kali ini bisa dibilang telah mendominasi sejumlah sektor. Akan tetapi kita juga harus tetap waspada, semakin banyak kebutuhan online, maka semakin tinggi juga ancaman dari berbagai cyber yang telah mengintai. Apalagi pada saat ini banyak sekali yang benar-benar menggunakan teknologi online di semua sisi kehidupan. Di sinilah peluang dari ancaman cyber telah muncul, terlebih lagi trennya semakin meningkat seiring dengan banyaknya pengguna online.

Cyber disini juga memiliki resiko, sebab pada sisi journey-nya customer. Mereka juga benar-benar telah terorganisir, dari bangun tidur. Mau beli apapun juga dari online serta digital. Kemudian cara kita menggunakan finansial juga online,” kata Direktur/Chief Service Management Officer Yessie D. Yoseta di Jakarta, pada Selasa (12/09/2017).

Sementar itu dari ancaman tersebut yang paling sering mengintai yang disebut Yessie tersebut ialah fraud atau penipuan yang telah memanfaatkan celah pada penggunaan teknologi digital. Namun biasanya fraud tersebut telah mengincar kelengahan oleh para pengguna digital.

Siapa cyber itu ?

Pelakunya juga berbagai macam, akan tetapi yang mengkhawatirkan ialah apabila pada salah satunya itu justru merupakan mantan dari karyawan layanan yang dipakai oleh para penggunannya. Sebab para pengguna menjadi lebih mudah untuk diperdaya, dikarenankan merasa mendapatkan informasi dari sumber yang mereka anggap dipercaya oleh konsumen.

“Nomor satu dari fraud tersebut munculnya dari karyawan atau mantan karyawan, dan sumber yang lain, dimana orang-orang tersebut mengerti kondisi di dalam perusahaan tersebut seperti apa. Tidak hanya itu, dengan semakin banyak dari serangan cyber, para pelaku terrsebut juga semakin terorganisir,” tambah Yessie.

“Sebagai salah satu pelaku industri telekomunikasi ini sangat perlu untuk mencermati tren serta resiko yang terkait. Kami juga telah mendiskusikan dan berbagi pengetahuan tentang pengelolaan resiko pada bisnis (risk and control), kami juga telah berharap agar para pengguna indsustri agar dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan,” ungkap CEO XL, Dian Siswarini.

Dirinya telah menekankan bahwa pentingnya diskusi bagi pelaku industri financial technology (fintech). Menurut Dian, pengguna industri fintech juga harus aware dengan banyak resiko yang mungkin datang dari sisi cyber.

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: