15 Cabang Olahraga, Indonesia Targerkan Emas di Asian Games

 

Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas atau Satlak Prima telah menyebutkan sejumlah cabang olahraga yang memiliki potensi menyumbangkan medali emas pada Asian Game 2018. Cabang olahraga uang disebutkan tersebut ada 15, namun apa saja itu ?

Asia Games 2018 tersebut akan dilaksanakan di Jakarta dan juga Palembang. Perhelatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus sampai pada 2 September 2018 tahun depan. Hal ini merupakan kali kedua negara Indonesia menjadi tuan rumah, ini dilakukan sejak tahun 1962.

Sementara itu, mumpung menjadi tuan rumah pada acara tersebut, maka Indonesia berharap dapat memperbaiki peringkatnya pada level benua Asia. Target tersebut harus masuk pada 10 besar Asia yang dipatok oleh pemerintah bagi para atlet di Indonesia, walaupun hal tersebut tampak muluk.

Pada dasarnya, di SEA Games tahun 2017 di Kuala Lumpur, hasil dari Indonesia tidak mampu memperbaiki peringkat. Terlebih lagi dari jumlah perolehan mendali emas, perolehannya malah semakin menurun dari yang sebelumnya meraih 47 emas, dan kini meraih 38 mendali emas.

Bahkan ketika berbicara tentang sejarah keikutsertaan pada Asia Games, kontigen negara Indonesia belum sama sekali meraih prestasi yang mendalinya mencapai 20 emas atau lebih. Indonesia hanya meraih emas tertinggi yakni 11 emas. Hal itu diraihnya pada saat menjadi tuan rumah tahun 1962.

Prestasi Indonesia

Salah satu cabang olahraga yang terus konsisten dan paling banyak menyumbangkan mendali emas yakni bulutangkis. Cabang olahraga ini telah meraih 26 mendali emas. Berikutnya ada tenis yang menjadi cabang olahraga dengan 15 mendali emas, disusul dengan cabang olahraga Atletik dengan 4 mendali emas, kemudian cabang olahraga Tinju 3 mendali emas, lalu cabang olahraga Perahu Naga 3 mendali emas, dan cabang Olahraga Sepeda dengan 3 mendali emas.

“Sementara ini, target kami ada 20 mendali emas, namun itu masih dinamis. Begitu juga dengan cabang olahraganya yang masih bisa berubah-ubah,” ungkap Prima Achmad Soetjipto selaku Ketua Satlak Prima pada sela-sela rapat Dengar Pendapat dengan para Komisi X di Gedung DPR RI, di Senayan, Jakarta, hari Selasa (12/09/2017).

Tag:
author

Penulis: