Terungkapnya Identitas Monster Laut

Usai terpendam selama jutaan tahun serta ditemukan di salah satu negara yakni tepatnya Jerman puluhan tahun silam, sebuah fosil monster yang hidup dengan dinosaurus akhirnya sukses diidentifikasi.

Fosil tersebut pertama kali ditemukan pada lahan kontruksi oleh seorang pengkoleksi fosil Lothar Schulz yang bertempat tinggal di Hanover di tahun 1980-an. Schulz lalu menyimpan tulang belulang tersebut jadi salah satu koleksi pribadinya, sebelum memberinya pada Siegfried Schubert yang juga seorang kolektor.

Di tangan Schubert-lah, beberapa peneliti dari Jerman serta Swedia akhirnya memperoleh keberhasilan untuk mempelajarinya. Untuk rasa terima kasih, para peneliti juga memberi nama reptil tersebut sebagai Arminisaurus schuberti. Arminisaurus diambil dari asal kepala perang Jerman Arminius, sedangkan schuberti asalnya dari nama sang pengkoleksi.

Saat digali, fosil A schuberti pernah mengalami banyak kerusakan. Walaupun begitu, beberapa peneliti sukses mengumpulkan kira-kira 40 persen kerangka, yaitu sebagian tulang rahang, beberapa gigi, dan juga tulang belakang, tulang rusuk yang patah, tulang di sirip serta tulang bahu yang hampir sempurna.

Ia juga jadi salah satu spesimen terlengkap dari jaman Plienscbachian (kira-kira 190 juta tahun silam). “Hanya terdapat spesimen holotype (satu-satunya spesimen yang sempat didapat) yang tak lengkap,” ujar Sven Sachs, salah satu peneliti.

Lehernya juga tak sempurna sehingga susah untuk memprediksi seberapa panjang (lehernya) ketimbang dengan bagian tubuh yang lain,” tambah Sachs.

Sebagai anggota keluarga Plesiosaurus yang dapat berkembang sampai seukuran bus sekolah, panjang tubuh A schuberti diprediksi kira-kira 3 hingga 4 meter bahkan lebih. Pasalnya, Plesiosaurus lain, seperti Styxosaurus, mempunyai leher yang panjangnya lebih dari separo panjang tubuhnya.

Beberapa ilmuwan juga mengatakan bahwa A schuberti adalah hewan pemakan daging yang kemungkinan memakan ikan serta cumi-cumi yang ada di dalam laut. Demikianlah ulasan mengani monster laut yang dapat kami sampaikan semoga dapat menambah ilmu anda mengenai fosil dan koleksi fosil yang berada di dalam laut serta terpendam ratusan hingga jutaan tahun yang lalu.

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: