Hal Yang Dapat Menghilangkan Cita Rasa Secangkir Kopi

Untuk kebanyakan orang, tidak lengkap rasanya jika mengkonsumsi kopi dengan tak ditambah dengan pemanis alami yakni gula. Padahal, dalam menikmati cita rasa kopi dianjurkan supaya tak menambah dengan adonan apapu termasuk juga gula.

Sebagai negara penghasil kopi yang besar, Indonesia mempunyai berbagai macam jenis kopi yang mempunyai rasa yang berbeda-beda. Dengan diberi sedikit gula, itu artinya menghialangkan sisi kepedulian dengan asal kopi itu sendiri. Gula dapat membunuh karakteristik dari kopinya, jadi tak baik. Cita rasa kopi bakalan mengalami perubahan ketika ditambah dengan gula. Perubahan tersebut dapat jadi lebih asam serta pahit. Padahal, kopi mempunyai rasa beragam bagaikan jeruk, kacang-kacangan maupun cokelat.

Pada sisi lain, mengkonsumsi kopi ditambah dengan gula juga tak baik untuk kesehatan. Sebab gula tersebut bukanlah teman kopi. Berdasarkan pendapat dari salah satu peneliti, dengan penambahan gula pada kopi disebabkan oleh banyak orang yang tak memahami bagaimana cara terbaik dalam menyeduh kopi secara baik. Menambah gula dinilai dapat mengurangi rasa pahit pada kopi.

Kita 500 tahun mengkonsumsi kopi, namun mungkin baru 10 tahun akhir-akhir ini mempelajari cara menyeduh kopi secara baik dan benar,” ujar Ardian. Memang merubah kebiasaan dengan menambahkan gula dalam secangkir kopi tak mudah. Untuk awalnya, Ardian menganjurkan untuk memilih kopi yang paling ringan dalam kepekatannya, itu artinya agar tak terlalu pahit maupun asam.

Sama seperti kita kerap mengkonsumsi teh manis dikasih tawar, kan tak suka. Jika ketemu kopi yang jelas-jelas tak ada gulanya. Nah, bagaimanakah caranya rasakan manis kopi dengan tak ditambah gula. Kami menyarankan orang-orang mengkonsumsi kopi dengan tak menambah gula supaya bisa rasakan sensasi manis dari kopi itu sendiri,” ujar Ardian.

Demi memperoleh manfaat kopi, minumlah dua hingga tiga cangkir dalam satu hari sudah cukup. Untuk Ardian, yang terpenting yakni menghargai kopi bagaimana pun adanya. Demikian ulasan dari kami semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai cara benar dan baik dalam menyeduh secangkir kopi.

Tag:
author

Penulis: