Exodyne, Motor Listrik Ciptaan Dokter Bedah Tulang

Berbicara soal motor listrik, dalam bayangan seseorang akan muncul gambar motor lengkap dengan penutup body. Ditengah banyaknya pemburu motor bongsor, kini ada motor listrik yang didesain sangat ramping karena tidak dibalut dengan penutup body. Motor listrik ini dikenalkan dengan nama Exodyne.

Tak hanya produsen otomotif terkenal saja yang mampu menyuguhkan karya luar biasa, seorang dokter spesialis bedah tulang dari Amerika Serikat bernama Alan Cross ini nyatanya mampu menuai decak kagum dari semua kalangan. Alan Cross memerlukan waktu sekitar sembilan bulan untuk merancang dan membuat Exodyne dan dilakukan sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Dari banyaknya motor listrik yang telah lahir dengan berbagai kelebihannya, Exodyne dengan pesonanya sendiri mampu menarik perhatian penggemar motor listrik di seluruh dunia. Exodyne dibekali dengan baterai lithium-ion polymer (LiPo) yang berjumlah 8 buah. Baterai tersebut mampu memberikan 600 amps dengan kapasitas yang mencapai 100V 32 Ah. Meski demikian, Alan Cross hanya membatasi gelontoran daya baterai hingga 200 amps saja.

Jarak tempuh yang mampu dicapai oleh Exodyne mencapai 20 mil atau 32 km jika dipakai saat baterai penuh hingga meminta diisi ulang. Motor ramping ini berkecepatan hingga 100 km/jam dengan jumlah penumpang hanya satu orang saja.Motor listrik yang digunakan adalah EnerTrac and a SevronGen 4 Motor.

Keunikan lain pada motor listrik yang tidak berselimut bodi ini ada pada beratnya yang sangat ringan, yaitu hanya sekitar 48 pounds karena bahan atau material yang digunakan untuk membuatnya dari serat karbon yang sangat ringan. Dengan berat yang bisa dibilang cukup ringan untuk ukuran motor listrik, Exodyne dipastikan irit dan lincah ketika melaju dimedan pacu.

Alan Cross mengaku bhawa beberapa suku cadang yang dipasang pada Exodyne adalah suku cadang motor merek terkenal. Misalnya rem belakang diambilkan dari Suzuki, begitu pula dengan fork depan diambil dari RMZ 25 yang keluar pada tahun 2005.

Hingga saat ini Alan Cross belum memberikan harga resmi Exodyne. Namun yang pasti, Alan Cross akan mempertimbangkan untuk membuka pemesanan dan penjualan karyanya tersebut.

 

Tag:
author

Penulis: