KB Untuk Mencegah Kehamilan Tak Terencana

Kontrasepsi tidak hanya masalah urusan persoalan yang telah menikah. Meskipun masih belum menikah, anda juga wajib mengerti kegunaannyaterutama buat menghindari maaupun mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Terbukti dalam setiap tahun, sekitar 41 persen dari total 208 juta kehamilan di seluruh jagad raya ini adalah kehamilan yang tak diinginkan. Kebanyakan hampir setengah dari total kehamilan yang tidak direncakan tersebut akhirnya harus menembpuh jalan yang tak diperbolehkan yakni menggugurkan kandungan merekalantaran mereka mungkin malu dengan kondisi yang dialami, lantaran belum menikah.

Kehamilan yang tak direncanakan adalah salah satu kondisi pasangan tak mengharapkan kehamilan, belum ingin menambah jumlah anak, maupun kehamilan berlangsung lebih cepat dari prediksi.  Kehamilan yang tak terencana bisa terjadi laantaran tidak memakaai alat kontrasepsi, tak konsisten dalam pemakaian alat kontrasepsi saat berhubungan badan maupun pemakaian metode KB yang tak akurat.

Kehamilan yang tak terencana sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan terhadap ibu maupun bayi sebab kondisi ibu bisa jadi tak optimal saat mengandung. Yang fatal adalah ibu sangat rentan menderita komplikasi kehamilan maupun saat persalinan, dan bayi yang akan dilahirkan tentu tak sehat. Prosentase kehamilan tidak terencana di Indonesia ternyata lumayan besar. Statistik dari, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada tahun 2016, tiap tahun ada kurang lebih 4 juta kelahiran serta 14 persen dari kelahiran itu adalah kehamilan tak terencana.

Pemakaian alat kontrasepsi membuktikan bisa  mencegah 188 juta kelahiran tak terencana dalam tiap tahunnya, mencegah angka 112 juta aborsi, mencegah prosentase 1,1 juta kematian bayi, serta 150 ribu kematian ibu. Hari Kontrasepsi seluruh dunia yang jatuh pada tanggal 26 September. Dalam tahun ini, banyak agenda dunia yang menamakan kegiatan meraka yakni World Contraception Day (WCD) Coalition berkonsentrasi terhadap peningkatan kesadaran memakai alat kontrasepsi semua masyarakat dunia guna menguranagi maupun mencegah problem kehamilan yang tak direncanakan.

 

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: