Kurangnya Kesadaran Penggunaan Kondom

Terdapat banyak macam alat kontrasepsi, namun metode yang bisa memberikan kegunaan lain di luar kontrasepsi mungkin adalah kondom. Menurut salah satu dokter spesialis, kondom tak hanya merupakan alat kontrasepsi guna mencegah kehamilan yang tak direncanakan, namun juga bisa digunakan untuk mencegah infeksi penyakit menular seksual.

Kondom sangat membantu saat berhubungan badan dengan aman,” ucapnya saat acara media gathering ketika Hari Kontrasepsi yang diselenggarakan oleh DKT Indonesia di Jakarta beberap waktu lalu. Pemakaian kondom bakalan mencegah penyakit menular seksual contohnya herpes genital, HIV/AIDS, maupun infeksi HPV penyebab utama terjadinya kanker serviks.

Kegunaan yang lain dari kondom ialah takk mempunyai efek hormonal buat tubuh, dapat menunda ejakulasi, dan tak ada efek samping penundaan terhadap kesuburan seseorang. Tak bisa disamakan dengan pil KB maupun suntik yang membutuhkan waktu lumayan lama hingga efek hormonnya betul-betul memudar agar dapat bisa hamil lagi,” ucapnya. Pemakaian kondom untuk alat kontrasepsi di Indonesia mencapai 3,15 persen dari anggota KB yang aktif, berdasarkan statistik Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di tahun 2016 lalu.

Manager umum DKT Indonesia, menjelaskan kondom masih diyakini sebagai salah satu alat yang tabu dalam kehidupan masyarakat. Pemikiran untuk kondom ini menjadikan program kondom untuk alat kontrasepsi masih banyak mengalami masalah. Tak hanya itu, terdapat ketidaksukaan para lelaki buat emakai kondom sebab pemikiran yang salah. Contohnya meyakini kondom bakalan mengurangi kenikmatan saat hubungan badan.

Ketebalan kondom sebetulnya hanya berkisar antara 0.05-0.02 milimeter, sehingga tak bakal mempengaruhi nikmatnya  bercinta. Tak hanya itu pori-pori kondom rekatif kecil yakni 5 mikron atau 10 kali lebih kecil dari sperma. Dia menjelaskan, pemakaian kondom juga membiasakan lelaki buat lebih bertanggung jawab maupun tak egois. Dalam hal ini kesadaran pemakaian alat kontrasepsi titik beratnya terdapat di kaum perempuan.

DKT Indonesia lewat Kondom Sutera aktif ingin memaksimalkan kesadaran betapa pentingnya pemakaian kondom untuk alat kontrasepsi. Kondom Sutera sudah membuat kampanye #UbahHidupLo dengan mengambil sample pekerja kapal (ABK), orang pelabuhan, dan masyarakat maupun pemangku jabatan di sejumlah pelabuhan yang ada di  Indonesia.

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: