Bantuan Pertama Saat Tersengat Aliran Listrik

Tersengat aliran listrik adalah salah satu kecelakaan yang kerap kali ditemui disekeliling kita. Sekitar 1000 kematian karena terserang sengatan listrik dialami setiap tahunnya, di mana luka kearena sengatan listrik menimbulkan angka kematian sebesar 3 hingga 5% maupun 3 hingga 5 kematian dari tiap 100 kejadian.

Masalah ini dapat saja dialami di lingkungan kerja bagi orang dewasa, di lingkungan rumah baik anak-anak, bahkan di jalan misalnya kasus beberapa waktu silam di mana seorang pemakai jalan tersengat listrik dari kabel yang luka bahkan terbuka.

Beberapa sebab yang umum dari sengatan listrik yakni :

  • Kontak dengan alat-alat listrik maupun kabel yang tak dilapisi oleh konduktor.
  • Sambaran listrik dari kabel listrik yang memiliki tegangan yang tinggi.
  • Akibat sambaran petir.
  • Kontak dengan mesin maupun alat-alat yang berada dalam lingkungan kerja.
  • Pada anak-anak sengatan listrik ini dikarenakan oleh anak mencolek maupun menyentuh sumber listrik yang memakai bahan logam lainnya.

Mengapa sengatan listrik itu membayakan?

Ketimbanga dengan luka bakar yang lain, sengatan listrik lebih membahayakan sebab luka yang tampak dalam permukaan kerap kali tak menggambarkan keadaan sebetulnya dari korban. Tubuh manusia adalah penghantar listrik yang baik, yang artinya bahwa apabila manusia mengalami sengatan listrik, maka listrik dapat dihantarkan menuju seluruh tubuh sehingga kerusakan yang dialami dapat mengakibatkan sangat luas.

Kerap kali kerusakan yang paling besar dialami dalam jaringan saraf, pembuluh darah, serta  otot. Semua ini dikarenakan oleh resistensi organ itu yang lebih rendah menurut dengan hukum Ohm.

Apa saja tanda serta gejala dari sengatan listrik?

Tanda serta gejala sengatan listrik berbagai macam, tergantung organ apa saja yang dilewati serta dirusak oleh arus listrik. Berat-ringannya kerusakan dalam organ dipengaruhi oleh banyak sekali faktor misalnya : berapa lama kontak dengan arus listrik dialami, jenis arus listrik serta seberapa kuat arus listrik, bagaimana penyebaran listrik yang berada dalam tubuh, serta bagaimana keadaan kesehatan korban secara umum.

 

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: