Uang Merupakan Sumber Masalah Bagi Pasutri

Banyak pendapat yang berbeda mengenai hal yang wajar dalam rumah tangga. Ada saja tema yang dapat menimbulkan pertengkaran, namun sumber perselisihan yang paling besar dalam sebuah pernikahan yakni uang.

Menurut survei bertema Money Habit and Confession Survey yang mengikutkan 1000 orang terungkap bahwa keuangan merupakan sumber utama “perang dingin” diantara suami istri. Satu dari empat peserta survei mengungkapkan mereka sempat berpisah bersama pasangannya hanya disebabkan oleh masalah uang. Tak hanya itu, 58 persen mengklaim bahwa mereka lebih suka melajang ketimbang memiliki pasangan yang tak bertanggung jawab dengan finansial.

Pertengkaran yang disebabkan oleh uang sejak lama memang memiliki posisi peringkat teratas sebagai penyebab adanya keretakan hubungan. Salah satu alasannya yakni masalah tersebut tak pernah selesai dibicarakan bersama pasangan.

Dalam penelitian terungkap, 32 persen peserta mengaku tak mengetahui seberapa besar gaji pasangannya, serta 4 persen mengungkapkan bahwa mereka menyembunyikan dari seberapa besar penghasilannya.

Terdapat banyak faktor yang menimbulkan topik mengenai uang menjadi topik panas. Diantaranya sebab ada pemisahan harta, terutama saat suami serta istri sama-sama bekerja. Faktor yang lain yakni adalah utang, apalagi jika salah satu pihak mempunyai utang yang lebih besar sebab diskusi biasanya bakalan berujung saling mengkambing hitamkan. Lebih parahnya lagi apabila ternyata jika pasangan diam-diam menjaminkan harta bersama menjadi jaminan utang.

Komunikasi yang terbuka merupakan salah satu kunci dalam menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut. Sebelum menikah semestinya tema megenai pengelolaan keuangan keluarga telah dibicarakan, dari diskusi tersebut Anda juga dapat mengenal sifat pasangan, apakah dia termasuk orang yang boros, kurang peduli, maupun malah terlalu berhati-hati dengan uang.

Apabila perlu mempunyai perjanjian pranikah supaya urusan keuangan masing-masing tak tercampur. Uang adalah salah satu sumber masalah yang dapat menyebabkan rumah tangga pun menjadi runtuh dan berantakan. Maka berhati – hatilah dengan yang namanya uang jika bermasalah dengan uang ujung-ujungnya pasti perselisihan. Demikian yang dapat kami sampaikan pada anda semua semoga bermanfaat.

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: