Kondisi Hati Dapat Memulihkan Sistem Imun Tubuh

Tak hanya menjaga kebersihan serta asupan nutrisi, vaksin flu dapat jadi cara lain dalam tingkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi flu. Hanya saja, efektivitas vaksin flu dapat berbeda diantara individu, serta kondisi hati dapat menjadi salah satu alasannya.

Salah satu studi baru yang terbit dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity membuktikan bahwa vaksin flu dapat lebih efektif apabila Anda berada pada suasana hati yang baik. Penelitan mendapati bahwa mood positif, misalnya rasa bahagia, dihubungkan dengan tingkat antibodi influenza yang lebih tinggi dengan sistem seseorang.

Dengan istilah lain, jika imunisasi flu dijalani ketika Anda tengah merasa bahagia, maka imunisasi itu bakalan memberikan lebih banyak perlindungan penyakit, paling tidak 4 sampai 16 minggu usai memperoleh vaksin.

Selama riset, peneliti mengukur mood positif serta negatif, diet, olahraga serta kebiasaan tidur dari 138 orang dewasa berumur 50 tahun serta lebih, sebanyak tiga kali dalam satu minggu, dalam jangka waktu enam minggu.

Dari seluruh metrik yang tampak dalam penelitian, mood positif merupakan prediktor paling besar mengenai seberapa baik vaksinasi flu sukses. Perasaan senang, gembira, maupun bahagia di hari vaksinasi dihubungkan dengan tingkat antibodi yang lebih tinggi seiring dengan berjalannya waktu.

Kami sudah meneliti selama bertahun-tahun bahwa beberapa faktor psikologis serta perilaku misalnya stres, jumlah aktivitas fisik, serta pilihan diet bisa mempengaruhi seberapa baik sistem imun tubuh bekerja, serta faktor-faktor ini juga sudah terbukti berpengaruh seberapa baik vaksin melindungi Anda dengan penyakit,” ungkap penulis.

Kekurangan dari riset yakni ukuran sampel yang kecil serta hanya mengukur efeknya terhadap orang dewasa yang lebih tua. Sehingga belum tahu apakah hasil yang sama bakalan dialami pada orang muda. Tak hanya itu, pada tahun sebelumnya peserta juga memperoleh vaksin flu serta mungkin saja sistem imun terhadap flu jadi lebih baik. Meskipun demikian, hasil riset ini dapat menjadi pertimbangan saat memilih momen yang pas untuk memperoleh vaksin flu tahunan, paling tidak keadaan hati yang baik sudah terbukti berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang baik juga, jelas peneliti.

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: