Kecanggihan Dunia Kedokteran Saat Ini

Berita baik datang dari dunia kesehatan yakni tepatnya dunia medis ataupun kedokteran. Untuk kali pertamanya, tim dokter sukses dalam ‘membangunkan’ pasien dari kondisi vegetatif dalam jangka waktu 15 tahun.
Tak seperti koma, di mana seseorang tertidur serta tak memiliki responsif, pasien dalam kondisi vegetatif terbangun akan tetapi tak memperlihatkan tanda-tanda kesadaran maupun fungsi kognitif, meskipun mereka mempunyai refleks dasar misalnya berkedip saat dikejutkan.
Orang dengan kondisi vegetatif sebetulnya dapat beralih statusnya jadi kesadaran minimal (MCS), di mana pasien Cuma mempunyai sedikit kesadaran dengan lingkungan mereka. Namun apabila seseorang ada pada kondisi vegetatif hingga lebih 12 bulan usai mengalami cedera pada otak traumatis, maka orang tersebut dinilai bakalan ada dalam fase itu dengan permanen maupun tidak mungkin bisa disembuhkan.
Angela Sirigu melakukan penelitian kasus terhadap seorang laki-laki yang berusia 35 tahun yang mengalami cedera otak traumatis serta ada dalam fase vegetatif usai mengalami kecelakaa mobil.

Dokter menjalani stimulasi saraf demi mengembalikan kesadaran untuk pasien. Tim memakai implan kesehatan yang dapat merangsang saraf vagus, salah satu saraf paling penting yang mengkaitkan kepala dengan bagian tubuh yang lainnya.
Implan yang digunakan memiliki bentuk seperti baterai rata serta bulat, yang dinamakan Stimulator Saraf Vagus (VNS) maupun terkadang disebut “alat pacu otak”. Dokter bekerja menggunakan sebuah hipotesis dari riset sebelumnya yang mengungkapkan bahwa stimulasi dalam thalamus bakalan memperbaiki otak pasien yang ada pada fase vegetiatif.
Dengan eksperimen, dokter mengobservasi sikap pasien demi melihat respon terhadap rangsangan tersebut. Tim dokter juga mencatat perolehan electroencephalogram (EEG) serta pemindaan PET sebelum memberikan stimulator.
Lalu, dengan bertahap, dokter meningkatkan intesitas stimulus tersebut. Dengan mengejutkan, pasien yang jadi obyek penelitian tersebut menunjukkan perbaikan pada waktu hanya satu bulan. Ada gerakan serta perhatian yang signifikan usai memakai alat stimulasi saraf itu.
Penelitian ini dapat menjadi titik awal dalam perawatan untuk pasien dengan luka yang sama. Hasil ini membuktikan bahwa pasien tetap dapat isa berubah ke fase kesadaran minimal meskipun sudah mengalami fase vegetatif selama bertahun-tahun.

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: