Fenomena Gerhana Matahari Cincin Kembali Menghampiri Indonesia

Dok BMKG Matahari Cincin

Jogjakarta – Indonesia. masyarakat jogja dan sekitarnya hari ini bakalan kembali menyaksikan fenomena alam yaitu, Matahari cincin, menurut perkiraan, matahari akan tertutup sebagian saja, sedangkan untuk durasi hanya sekitar 10 menit.

Seperti yang disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika DIY Tony Agus Wijaya, Kamis (1/9/2016). untuk wilayah jogja dan sekitarnya, penampakan matahari cincin tersebut akan terlihat dari pukul 17.26 WIB hingga pukul 17.36 WIB, itupun selama cuaca cerah, tegasnya.

Fenomena matahari cincin ini sebetulnya memang jarang terjadi, Meski hanya sebentar, Matahari akan tertutup sebagian oleh bulan sekitar 10 persen saja.

Kalo di wilayah jogja, menurut perkiraan sore nanti cuaca cerah, jadi kemungkinan masyarakat bisa melihat fenomena tersebut, untuk lokasi yang paling strategis melihat fenomena tersebut adalah di pantai selatan,

himbauan dari BMKG, bila masyarakat ingin melihat fenomena tersebut, jangan langsung menggunakan mata telanjang, sebaiknya menggunakan kacamata khusus atau tropong.

 

Sis/

Tag:
author

Penulis: