Cara Budidaya Buah Naga

Cultureindo.com -Pertanian, Buah naga saat ini menjadi pilihan bagi para petani buah untuk mempruduksi buah tersebut secara banyak, sebab, proses budidaya buah naga ini tergolong tidak ribet dan tidak memakan ruang yang banyak, jenis tanaman buah naga ini bersifat menjalar, jadi pohon buah naga ini harus butuh media perantara untuk bisa tegak berdiri.

Buah naga ini merupakan tanaman yang berasal dari Amirika dan meksiko, beragam vitamin terkandung dalam buah naga ini, untuk budidaya buah naga ini sangatlah gampang, cara budidaya buah naga secara  vegetatif ini relatif  lebih mudah jika di banding dengan sistem tanam melalui bijinya, selain itu, budidaya buah naga dengan cara vegetatif lebih cepat menghasilkan buah. Berikut ini langkah-langkah penyetekkan buah naga :

  • Memilih batang atau cabang tanaman yang pernah berbuah, minimal 3-4 kali. dalam hal ini agar batang yang kita potong merupakan batang yang siap tanam, dan ini juga akan berpengaruh pada kecepatan berbuah.
  • Tips memilih batang buah naga sebaiknya kita pilih Pilih batang yang berwarna hijau kelabu, keras dan batang yang sehat, usahakan batang yang kita pilih tersebut memiliki diameter sekitar 8 cm.
  • Potong batang buah naga yang akan di jadikan bibit dengan panjang sekitar 20-30 cm, setelah itu buatlah pada baagian Ujung atas dipotong rata, sedangkan pangkal bawah yang akan ditancapkan ke tanah dipotong runcing. hal tersebut berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan akar.
  • Selai itu sebaiknya dalam pemilihan batang buah naga yang sudah memiliki mata tunas, sehingga ini nanti akan mempercepat persemian daun dan batang.
  • Setelah di potong, sebaiknya batang tersebut di biarkan terlebih dahulu agar getah yang keluar dari batang benar-benar habis. hal ini bertujuan agar jika nanti batang sudah kita tanam tidak mengalami pembusukan.
  • Media tanam di pekarangan rumah sebaiknya mencari tempat yang ada sinar matahari langsung, karena jika buah naga ini di tanam di tempat teduh akan memperlambat pertumbuhan.
  • Buat lubang dengan diameter 50 m persegi serta kedalaman 50 cm, setelah itu beri pupuk kandang yang sudah di campur dengan tanah, ini berfungsi agar tanah yang akan kita masukan dalam lubang tersebut menjadi gembur dan banyak nutrisi untuk tanaman buah naga tersebut.
  • Tancapkan satu tiang kayu atau bambu kedalam lubang tersebut tepat di tengah-tengah lubang, kemudian masukan tanah yang sudah kita campur pupuk tersebut kedalam lubang tersebut.
  • Setelah itu bibit buah naga siap di tanam di sisi kayu yang sudah kita tancapkan pada media tanam tersebut dengan cara mengitari tiang kayu tersebut ( Seperti gambar di bawah )
  • Lakukan penyiraman secara rutin 2 hingga 3 kali selama 2 minggu.
  • Setelah batang buah naga tumbuh subur ke atas kira-kira 2 meter, lakukan pemotongan, dalam hal ini kita harus melihat mata tunas paling atas, dan lakukan pemotongan di atas mata tunas tersebut sekitar 10 cm.

Buah naga

Tanaman buah naga ini memiliki umur panjang  bisa mencapai 15-20 tahun.  sedangkan untuk pembuahan awal biasanya berkisar pada umur 10 bulan hingga 1 tahun setelah masa tanam, ini tergantung bibit yang kita tanam sebelumnya, Selamat mencoba.

 

Agung/

Beri rating artikel ini!
Cara Budidaya Buah Naga,5 / 5 ( 1voting )
Tag:
author

Penulis: