Normalisasi Kali Krukut Akan Segera Di Tindak Lanjuti

Jakarta – Kawasan kemang Jakarta Selatan yang pada beberapa waktu lalu di landa banjir setinggi 60 cm membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok ) harus turun tangan, Kawasan kemang yang di lintasi kali Krukut menjadi sumber terjadinya banjir tempo lalu.

Dalam pertemuan dengan sejumlah media di balai kota, Ahok menyampaikan akan segera mengambil tindakan normalisasi kali krukut, Bangunan- bangunan liar yang berada di badan kali krukut kita habisi semua. ujar ahok kepada awak media.Kamis (8/9).

Namun dalam hal normalisasi kali krukut tentunya banyak sekali masalah, sebab sekitar kali krukut tersebut banyak bangunan seperti Hotel Pop Kemang, Kemang Village,  dan Joop Fine. yang sudah memiliki sertifikat, dalam hal ini sebetulnya sudah melanggar aturan pemerintah nomor 38 Tahun 2011 tentang penataan kawasan sungai.

Seperti Kemang Village, Bangunan tersebut persis berdiri di badan sungai, padahal sebelumnya ini sudah di kaji oleh para profesor yang memperbolehkan bangunan di atas badan sungai atao daerah resapan air, ujar ahok

Ahok juga menegaskan bahwa nanti Pemprov DKI akan menawarkan solusi kepada para pemilik bangunan bersertifikat agar mau menjual sebagian lahan mereka kepada Pemprov DKI yang akan di jadikan daerah resapan air.

Hingga sampai saat ini pemerintah masih mendata bangunan-bangunan yang menempati di sepanjang aliran kali krukut tersebut, dan bila nanti di temukan bangunan tanpa sertifikan kami mohon untuk segera pindah, pendataan saat ini di lakukan oleh Dinas Penataan Kota, Dinas Tata Air, dan Pemerintah Kota Jakarta selatan.

 

Sis/

Tag:
author

Penulis: