Hujan Deras Di Ciamis, Tiga Kecamatan Di Landa Banjir

Hujan deras yang mengguyur sejak Jumat malam 16 September hingga Sabtu dini hari (17/9/2016) menyebabkan tiga kecamatan di Kabupaten Ciamis terendam banjir.

CIAMIS – Banjir melanda tiga kecamatan akibat hujan yang mengguyur  sejak Jumat Sore (16/09 ) hingga Sabtu dini hari (17/9/2016), dari tiga kecamatan tersebut yang terendam banjir adalah Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Banjaranyar dan Kecamatan Pamarican.

Banjir tersebut terjadi akibat luapan dari sungai Sungai Ciputrahaji, Citalahab dan Sungai Cikaso, air mulai menggenangi rumah warga mulai pukul 02.30 Wib, dari luapan tersebut yang terparah adalah Desa Sukahurip dan Desa Bangunsari dengan ketinggian hingga 1 meter, Selain itu puluhan hektar persawahan milik warga juga ikut tergenang.

Selain itu di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng terjadi bencana tanah longsor yang mengancam beberapa rumah di daerah tersebut, namun dalam bencana kali ini tidak ada korban jiwa, tetapi dari pihak SAR meminta warga untuk lebih berhati-hati mengingat cuaca saat ini yang tidak bisa di prediksi.

Dari akibat luapan Sungai Cikaso ada sekitar 300 rumah yang berada di Dusun Sukamaju terendam banjir dengan Ketinggian air hingga 1 meter, Ujar Kepala Desa Banjarsari Ropik Hiekmayana.

Selain itu jalur alternatif warga menuju Pasar Pamarican yang merupakan jembatan gantung terputus akibat terseret pohon besar yang hanyut terbawa aliran air sungai Citalahab. sedangkan informasi yang diterima dari TIM SAR pada Sabtu ( 17/9/2016 ) sekitar pukul 12.00 Wib. air mulai surut, sudah banyak warga yang mulai membersihkan rumah-rumah mereka dari lumpur dan air yang menggenang di dalam rumah.

 

 

Sis/

Sumber /Sindo

 

Tag:
author

Penulis: