Kesehatan : Penderita Gangguan Jiwa di Yogyakarta Terbanyak Kedua di Indonesia

gangguan-jiwaCultureindo.com – Yogyakarta –  Gangguan jiwa atau nama istilah lain dalam kedokteran Skizofrenia (gangguan jiwa berat) di  Yogyakarta memempati urutan ke 2 setelah Aceh . Data dari Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta yang di sampaikan oleh Pembayun Setyaningastutie selaku Kepala dinas.

“Secara nasional posisi DIY ada di urutan ke 2 untuk angka Skizofrenia nasional setelah Aceh. DIY tinggi karena pencatatanya baik dan detail, terlebih setelah kejadian bencana Gempa dan Merapi,” ujarnya disela-sela acara peluncuran sistem rehabilitasi pasien Skizofrenia terintegrasi di DIY seperti dikutip Kompas pada Rabu (27/07).

Berdasarkan data riset kesehatan dasar (Riskesda) tahun 2013, prevalensi jumlah penduduk DIY yang menderita gangguan jiwa berat sebesar 2,7 Persen ujar Pembayun Setyaningastutie.

Jumlah tertinggi penderita gangguan jiwa berat di Kabupaten Kulonprogo 4,67 persen kemudian Kabupaten Bantul 4 persen,  kota Yogyakarta 2,14 persen, Kabupaten Gunungkidul 2,05 persen. Sedangkan Jumlah yang paling rendah di kabupaten Sleman 1,52 persen.

Adapun Langkah – langkah yang dilakukan oleh pemerintah Jogjakarta adalah dengan meningkatkan  sosialiasi ke masyarakat.yang  kedua aktif dalam memberikan kunjungan kepada pasien. Sebab banyak masyarakat dan keluarga yang belum memahami bahwa orang dengan gangguan kejiwaan berat dapat sembuh dan kembali produktif seperti biasanya.

 

Sis/

 

Tag:
author

Penulis: