Akibat Sering Kebanjiran, Produktivitas Panen Padi Kabupaten Purworejo Menurun Drastis

Harga Padi

Akibat Sering Kebanjiran, Produktivitas Panen Padi Kabupaten Purworejo Menurun Drastis.

Cultureindo.com – Gagal Panen Padi, Petani Purworejo merugi. Curah hujan yang terlalu tinggi membuat sejumlah petani di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah Menurun drastis, Hujan yang menguyur setiap hari serta luapan air dari sungai tersebut membuat padi yang siap penen tersebut di landa banjir, Sehingga tanaman padi tersebut kurang maksimal.

Seperti yang terjadi di Desa Trimulyo dan Desa Rowodadi Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo, produktivitas panen mencapai 5,9 ton per hektare, tetapi pada musim ini produktivitas panen yang dihasilkan petani setempat hanya 2,7 ton per hektare, Sehingga dengan keadaan tersebut para petani menuai kerugian yang cukup banyak.

Banjir yang melanda di sejumlah daerah di Kabupaten Purworejo tersebut tak hanya menggenangi padi yang siap dipanen, Tetapi banjir tersebut juga melanda sawah-sawah yang baru memasuki masa tanam, sehingga bibit padi yang baru berusia kurang lebih satu bulan tersebut tidak bisa tumbuh.

Meskipun bibit padi yang baru berusia satu bulan tersebut bisa disulam, namun pertumbuhan tanaman padi tersebut jadi tidak seimbang.  Seperti yang terjadi di Kecamatan Grabag, lahan padi yang baru berusia 15 hari dengan luas area lahan mencapai 30 hektare tersebut harus melakukan tanam ulang padi, karena bibit padi yang baru selesai tanam mengalami puso akibat busuk terendam air.

Pihak Pemerintah setempat yang di bantu para petani sudah berupaya melakukan pembersihan irigasi agar air yang menggenang tersebut bisa terus membuang air yang menggenangi area persawahan, Namun usaha tersebut belum membuahkan hasil lantaran curah hujan yang sangat tinggi.

 

Tag:
author

Penulis: