Pajak Di Bawah Target Menkeu Sri Mulyani Pangkas Anggaran Belanja

Sri-MulyaniCultureindo.com -JAKARTA – Baru saja di lantik pekan lalu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati langsung mengambil tindakan tegas dalam penyaluran dana anggaran untuk belanja pemerintah beserta dana untuk daerah sebesar  Rp133,8 APBN-P 2016. Hal tersebut terpaksa di lakukan lantaran target pajak yang di terima negara masih di bawah target yang di tentukan yaitu Rp219 triliun /th.

Menkeu Sri mulyani mengungkapkan bahwa anggaran yang akan di pangkas terdiri dari Rp65 Triliun untuk belanja pemerintah dan 68,8 Triliun untuk dana yang di glontorkan ke daerah, dana yang di potong tersebut merupakan dana yang bukan prioritas atau dana yang masih bisa di tahan untuk menunjang program pemerintah.

Adapun dana yang di potong tersebut meliputi dana perjalanan dinas, kegiatan konsinyering, Pembangunan Gedung Pemerintah. ujar  Sri mulyani di istana kepresidenan Rabu 3/8/2016 kutip sindo

Dalam waktu dekat ini Sri mulyani berencana akan berkordinasi dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan menteri koordinator (menko) untuk mengambil tindakan dana apa saja yang bakalan di pangkas tanpa mengurangi prioritas belanja kementrian dan lembaga negara dan daerah.

Anggaran yang masih menjadi prioritas  dan tidak akan terpotong meliputi dari angaran belanja untuk tunjangan profesi guru, pembangunan infrastruktur, tunjangan belanja kesehatan dan belanja pendidikan.

Sri mulyani menambahkan bahwa  Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan tahun 2016 sebesar Rp1.539 triliun. sedangkan pajak yang di terima di tahun ini baru mencapai Rp219 triliun jauh bawah target penerimaan pajak .

 

Sumber/Sindo

Tag:
author

Penulis: