Pertalite VS Pertamax, Mana yang Lebih Bagus Untuk Konsumen?

Pertalite VS Pertamax, Mana yang Lebih Bagus Untuk Konsumen?
Pertalite VS Pertamax, Mana yang Lebih Bagus Untuk Konsumen?

Pertalite vs Pertamax – Pertalite telah hadir menjadi alternative bahan bakar selain premium dengan kualitas diatasnys tetapi harganya lebih murah dibandingkan dengan pertamax. Bahan bakar jenis ini menjadi penengah antara pertmax dan premium. Pertalite Lebih bersih dan ramah lingkungan, RON 90, Kandunagn sulfur maksimal 0,05 % m/m , warna lebih jernih dan harga murah.

Sedangkan pertamax adalah bahan bakar yang memiliki kualitas sedang diatas premium dan diciptakan untuk kompresi mesin diatas 10:1 hingga 10,9:1.bahan abakr ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti premix 98.  Berikut beberapa keunggulan bahan bakar pertamax: Oktan lebih tinggi, RON 92, mengandung zat Aditif seperti anti karat, pembersih dan zat penjaga kemurnian.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini:

Pertamax adalah bahan bakar yang memiliki kualitas sedang diatas Premium dan diciptakan untuk kompresi mesin diatas 10:1 hingga 10,9:1 . bahan bakar ini dibawah Pertamax Plus sebagai kualitas unggulan. beberapa keunggulan Pertamax.

  • Oktan lebih tinggi, RON 92.
  • Tidak ada kandungan timbal, tidak ada campuran pewarna.
  • Sudah mengandung Zat Aditif seperti Anti-karat, pembersih dan Zat penjaga kemurnian BBM dari air (Demulsifier)

Pertalite vs Pertamax

Sebagai pembanding kedua bahan bakar ini, Culture Indo telah menyiapkan beberapa rangkuman data tentang Pertalite vs Pertamax.

1. Nilai Oktan
Oktan bahan bakar Pertalite adalah 90 yang posisinya diatas Premium (88) dan dibawah Pertamax (92), sebagai nilai Oktan 92 Pertamax memiliki kemampuan yang lebih baik.

2. Warna
Jenis-jenis BBM memiliki warna yang berbeda, untuk Pertalite memiliki warna Hijau terang sementara Pertamax memiliki warna Biru Kehijauan.

3. Kecocokan
Pada umumnya Pertalite diciptakan untuk kendaraan dengan perbandingan kompresi mesin antara 9,0 : 1 hingga 10,0 : 1 sementara untuk Pertamax dengan perbandingan kompresi atara 10,1 :1 hingga 11,0 : 1.

4. Harga
Harga Pertalite untuk promo adalah Rp 8.400 dan normal Rp 8.700 (resmi) sementara Pertamax dijual dengan harga Rp 9.300 hanya berselisih rata-rata Rp 1.000 per liternya.

Kedua bahan bakar ini diciptakan untuk kecocokan terhadap kompresi mesin kendaraan. Jika spek bahan bakar rendah tenaganya akan berkurang.

“ Menggunakan bahan bakar memang harus disesuaikan dengan rasio kompresi. Terlalu rendah spek bahan bakar akan berkurang tenaganya. Kalau terlalu tinggi juga tidak maksimal” ungkapTri dikutip dari blogotive.com.

Bagaimana jika pertalite dioplos dengan pertamax?

Pencampuran pertalite denga  pertamax tidak akan berdampak buruk pada kendaraan karena selisihnya hanya dua RON.

“ Konsumen tidak usah khawatir sebab pencampuran antara pertalite dengan pertamax tidak akan membahayakan kendaraan. RON pertalite dan pertamax hanya selisih dua. Pertalite RONnya 90  sedikit lebih rendah dari pertamax yakni RONnya 92” Ucap Addin Pramono seperti yang dikutip dalam kebumenekspres.com.

Yang harus kita hindari adalah membeli pertamax dieceran yang mencari keuntungan besar karena berpotensi pertalite dan pertamax dioplos oleh pedagang eceran. Perlu anda ketahui jika pertalite dan pertamax dioplos maka akan sulit membedakannya karena terlihat seperti pertamax asli.

Itulah beberapa perbandingan antara Pertalite VS Pertamax. Semoga bermanfaat.

Tag:
author

Penulis: